LA HAULA WALA KUWATA ILLA BILLAH

LA HAULA WALA KUWATA ILLA BILLAH
Dengan iman dan Akhlak kita menjadi kuat tanpa iman dan Akhlak kita menjadi lemah

Sabtu, 14 November 2009

makin berat pengorbanan Anda, maka..

Kembali soal derma, donasi, sumbangan, atau sedekah. Beberapa teman di FB ada yang bertanya, “Kok gini ya? Saya sudah sedekah banyak-banyak, kok belum diganti-ganti juga sama Dia?”

Sebenarnya sih, seberapapun yang Anda sedekahkan, pasti diganti dan pasti dilipatgandakan oleh-Nya. Tidak jadi soal, apakah Anda ikhlas atau tidak, beriman atau tidak. Karena ini merupakan janji tertulis dari-Nya dan hukum kausalitas dari-Nya. Yah, inilah balasan jangka pendek (dunia). Tentu saja, dengan ikhlas dan iman, kita akan beroleh nilai plus, berupa balasan jangka panjang (akhirat) yaitu ridha, pahala, dan surga dari-Nya.

Terus, balasan jangka pendek itu berbentuk apa? Yah, berbentuk materi atau sesuatu yang senilai dengan itu, misalnya:
- nama baik
- hubungan baik
- kemudahan urusan
- kenaikan pangkat
- perluasan usaha
- keturunan
- kesehatan
- umur

Sekarang, coba deh Anda rupiahkan itu semua. Berapa nilainya? Besar sekali ‘kan? Bisa jadi, itu dia balasannya! Bahkan bisa juga, sebuah takdir buruk akan menimpa Anda, namun tidak jadi, karena Anda telah bersedekah. (Sang Teladan pernah meriwayatkan kejadian seperti ini.) Sayangnya, Anda tidak sadar. Makanya, tetaplah berbaik sangka kepada-Nya.

Ada satu temuan menarik berdasarkan testimoni para pelaku sedekah. Ternyata, semakin berat pengorbanan Anda dalam bersedekah (Index of Sacrifice), maka semakin cepat dan semakin besar pula balasannya. Nah, berat itu bisa karena ‘jumlah rupiahnya’ atau ‘rasa sayang Anda terhadap uang dan barang yang Anda sedekahkan’. Sekali lagi, semakin berat pengorbanan Anda, mudah-mudahan semakin cepat dan semakin besar pula balasannya. Nah, silakan dicoba. Sip?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar