LA HAULA WALA KUWATA ILLA BILLAH

LA HAULA WALA KUWATA ILLA BILLAH
Dengan iman dan Akhlak kita menjadi kuat tanpa iman dan Akhlak kita menjadi lemah

Sabtu, 14 November 2009

Berapa sih harga Anda?

Rezeki saya gak bakal berkurang Mas. Kalau memang hak saya, pasti kembali ke saya. Kalau bukan dari Mas, mungkin dari yg lain. Tapi kalau Mas gak tunaikan kewajiban Mas, yah, Mas yang cacat integritasnya." Itu komen saya kepada orang yang mangkir membayar hak saya beberapa bulan yang lalu. Konon, dia menyebut dirinya hipnoterapis dan trainer. Namun, sikapnya kurang pantas, sebagai murid sekalipun, apalagi sebagai trainer.

Beberapa tahun sebelumnya, seseorang yang menyebut dirinya pengusaha dan mentor senior juga bersikap begitu kepada saya. Mangkir membayar hak saya. Sebagai entrepreneur, saya coba menagih hak saya. Satu kali. Dua kali. Tiga kali. Tetap saja dia mangkir. Ya sudah, saya lupakan saja. Buat apa dibikin ribut? Toh ada Yang Maha Membalas. Hanya saja, dari kejadian ini saya bisa mengukur isi dompetnya dan isi hatinya.

Tidak perlu kaget. Sebagai entrepreneur atau profesional, kadang kita kepentok masalah uang. Itu sih sudah biasa. Yang luar biasa adalah bagaimana sikap kita terhadap masalah itu:
- Apakah Anda terang-terang menolak membayar? Intinya, Anda mangkir dan membuat masalah semakin runyam.
- Apakah Anda mengganti nomor ponsel atau tidak mengaktifkan ponsel, agar orang tidak bisa menagih Anda? Intinya, Anda lari dari masalah.
- Apakah Anda memohon maaf kepada orang yang bersangkutan, meminta keridhaannya, dan membicarakan ulang cara bayarnya (ditunda atau dicicil)? Intinya, Anda coba menyelesaikan masalah.

Saya menyarankan Anda untuk mengambil keputusan yang ketiga. Jangan sampai, hanya gara-gara uang Rp5juta atau Rp10juta, Anda menggadaikan integritas Anda. Mangkir membayar! Itu sama saja artinya, integritas dan nama baik Anda harganya cuma Rp5juta atau Rp10juta! Betapa rendahnya! Kalaupun integritas itu ada harganya, saya tidak mau manusia manapun dapat membelinya dari saya. Anda juga ‘kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar